Tips Jitu Menaklukkan UNBK SMP dan SMA



UNBK SMP dan SMA
Ujian Nasional sebentar lagi! Bagaimana perasaanmu? Apakah sudah deg-degan dari sekarang? Apalagi buat yang akan melaksanakan UN Berbasis Komputer (UNBK), pasti makin panik ya? Jangan takut! Meski ini ujian berbasis komputer dapat dikatakan baru, tetapi bukan jadi alasan untuk menurunkan performa kamu nanti ya! Kamu pasti tetap bisa kok sukses di UNBK 2018 ini, asal tidak lupa untuk mempersiapkan jurus jitu untuk berhasil di ujian ini. Hal apa saja ya yang perlu dipersiapkan?
1. Perhatikan tata cara pengerjaan soal UNBK 

Saat ujian dulu kita terbiasa di atas kertas, tetapi kini sudah berubah dengan menggunakan komputer. Hal ini tentu akan ada mekanisme yang berbeda dari ujian sebelumnya. Nah, supaya kita lebih siap menghadapi ujian maka kita harus pelajari dengan baik juga nih tata cara pengerjaan soal UNBK!
Mungkin terdengar sepele, tetapi kalau kita sudah paham betul cara pengerjaannya maka kita tidak akan kebingungan lagi saat pengerjaan. Tidak mau kan waktu mengerjakan soal UN nanti, waktu kamu tersita hanya karena masih kagok? Jadi, yuk pelajari dulu demi pengerjaan yang lebih lancar!
2. Jadikan kisi-kisi SKL UNBK 2016 panduan belajar 

Supaya kamu tidak tambah pusing dengan metode ujian yang baru, lalu belum lagi harus persiapan belajarnya juga, coba deh pelajari kisi-kisi soal UN 2016 yang sudah disusun oleh tim Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)! Dengan belajar dari situ, kita menjadi tahu apa saja yang menjadi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan menjadi panduan apa saja yang harus dipelajari.
3. Jangan khawatir berlebihan!


Mungkin karena menggunakan metode yang baru, maka kita jadi khawatir berlebihan. Seperti bagaimana kalau komputernya rusak? Atau koneksi internetnya yang lemot? Atau jangan-jangan jawaban yang sudah dipilih tidak terbaca di sistem? Dan kekhawatiran lainnya.
Jangan khawatir ya! Dengan terlalu khawatir justru akan menghambat kita saat mengerjakan soal karena sulit untuk fokus. Akibatnya, tidak mengerjakan dengan maksimal deh, hmm..
Well, daripada waktu kita habis untuk segala kecemasan yang kita rasakan, lebih baik dialokasikan untuk waktu belajar. Kalau kita sudah dibekali dengan penguasaan materi dan giat berlatih, berdoa saja semuanya akan baik-baik saja dan lancar. Amin!
4. Jangan pernah lengah, selalu teliti setiap saat! 


Saat di ujian nanti, harus selalu teliti ya! Baca dengan seksama pertanyaan, maupun jawaban yang dipilih. Tidak perlu terburu-buru, yang penting mengerjakannya perlahan namun pasti sehingga lebih mantap! Kalau ada sisa waktu, bisa juga dimanfaatkan untuk mengecek ulang jawabanmu kembali sehingga tidak ada yang terlewatkan.
Eits! Tetapi jangan lupa untuk mengisi dengan teliti saat pengisian data diri kamu ya! Pastikan sudah terisi semua dan sebisa mungkin hindari salah penulisan atau typo, hehe.
5. Maksimalkan persiapan dengan simulasi 


UN berbasis komputer mungkin memang baru, tetapi bukan menjadi halangan untuk tetap bisa berhasil di ujian yang akan datang. Cara yang terbaik untuk siap saat mengerjakan soal nanti adalah dengan melakukan simulasi. Misalnya, saat simulasi di sekolah, coba perhatikan sesi belajar ini dengan baik supaya tidak ada yang kelupaan. Manfaatkan juga sebagai sarana bertanya kepada guru apabila ada hal yang masih kita bingung.
Kalau perlu latihan tambahan, kamu juga bisa coba sendiri di rumah dengan mencoba mengerjakan soal di internet. Dengan begitu, kamu akan lebih terbiasa dengan ujian berbasis komputer ini. 




Pages