Beberapa Metode Belajar Matematika

Image result for matematika
Lge- Yang kita semua tahu, Matematika hanya dipelajari di sekolahan saja. Metodenya pun sangat klasik, yaitu guru menjelaskan, memberi rumus, lalu soal diberikan untuk dikerjakan dengan baik. Padahal Matematika bisa dipelajari oleh siapa saja dengan banyak metode tanpa perlu melakukannya di lembaga formal. Berikut beberapa metode belajar matematika yang bisa Anda terapkan.
  1. Otodidak

    “Matematika itu sulit dan tidak bisa dipelajari secara otodidak.” Buang pikiran ini jauh-jauh dari pikiran Anda. Materi dasar Matematika bisa dipelajari dengan baik tanpa harus mengenyam pendidikan sekolah atau kursus matematika. Anda bisa membeli buku pelajaran atau membaca materinya dari e-book yang banyak bermunculan di internet.
    Belajar secara otodidak akan memudahkan Anda untuk mengatur waktu. Matematika bisa dipelajari kapan saja dengan mudah sehingga materi bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Anda tidak perlu mempelajari segala hal terkait Matematika. Ambil yang sekiranya menarik dan kemungkinan besar bisa digunakan dalam kehidupan Anda.
    Meski belajar secara otodidak bisa dilakukan lebih fleksibel, Anda akan kesulitan untuk melakukan verfikasi tentang apa yang telah dipelajari. Apakah materi yang Anda pahami itu sudah benar atau malah salah. Untuk itu belajar otodidak juga harus ditunjang dengan diskusi bersama orang lain.
  2. Belajar secara Berkelompok

    Kalau Anda tidak suka belajar sendirian karena banyak materi yang tidak mengerti, maka carilah partner yang bisa diajak bertukar pendapat. Matematika memang ilmu pasti yang semuanya tidak bisa diubah lagi. Namun, pemahaman setiap orang terkait materi tertentu bisa berbeda-beda. Satu materi bisa ditafsirkan menjadi banyak hal sehingga butuh diskusi untuk meluruskan sebuah teori atau pun pemahaman akan soal problem solving.
    Belajar secara kelompok akan membuat Anda mengetahui banyak hal. Apa yang tidak terpikirkan sebelumnya bisa didapatkan setelah belajar dengan teman. Dalam Matematika, banyak soal-soal yang berjenis open ended yang bisa dikerjakan dengan banyak cara namun hasilnya tetap sama. Anda bisa mempelajari banyak cara itu hingga menemukan formula tepat, mudah, dan gampang dipahami saat belajar berkelompok.
  3. Pengayaan

    Belajar matematika tidak bisa berhenti di satu titik saja. Kalau Anda sekiranya sudah mempelajari banyak hal, maka cari materi yang lebih sulit. Cari materi pengayaan yang biasanya diberikan kepada mereka yang akan mengikuti lomba. Pelajari semua soal yang ada dengan saksama lalu coba kerjakan berdasarkan pemahaman yang Anda miliki.
    Seiring dengan perkembangan waktu, pengayaan diperlukan untuk lebih memberikan semangat. Anda akan merasa terpacu untuk menyelesaikan banyak hal dalam Matematika yang awalnya tidak terpikirkan. Dalam Matematika, Anda akan menemukan banyak sekali soal menantang yang kadang membutuhkan pemahaman, logika, dan berpikir out of the box.
  4. Bimbingan Belajar Matematika

    Tidak ada yang salah kalau Anda menginginkan bimbingan belajar dari orang lain. Carilah tutor yang memang kompeten dalam bidang Matematika untuk menjelaskan banyak hal Seperti Halnya di Bimbel global excellent ( Lge ). Anda bisa menanyakan konsep-konsep saat les matematika yang masih susah dipahami, soal-soal problem solving, hingga mengoreksi apa-apa saja yang telah dikerjakan. Menggunakan jasa tutor bukan untuk mengajari Matematika seperti di sekolahan tapi meluruskan semua materi yang Anda yakini benar namun sebenarnya sudah salah kaprah.


Pages