Belajar Matematika Tingkat Dasar | Les Privat Lge

Image result for matematika
Les Privat Lge | Seperti halnya mata pelajaran lain, Matematika juga memiliki dasar. Apa saja yang ada di dalam Matematika Dasar bisa dipahami dengan mudah oleh siapa saja yang belum pernah belajar. Sebelum mempelajari Matematika lebih lanjut, ada baiknya Anda mempelajari dasar-dasarnya berikut ini.
  1. Memahami Aritmetika

    Satu hal klasik yang tidak pernah bisa lepas dari pelajaran Matematika: berhitung! Dasar dari Matematika yang sering diajarkan saat SD adalah bagaimana cara menjumlahkan bilangan, mengurangi bilangan, mengalikan bilangan, dan membagi bilangan dengan benar. Anda akan diperkenalkan bagaimana cara mengitung dengan jari hingga akhirnya bisa di luar kepala.
    Pahamilah cara kerja operasi hitung dengan benar, misal apa arti dari 4×5, apakah 4+4+4+4+4 atau 5+5+5+5 yang merupakan arti dari operasi bilangan itu. Kalau Anda sudah bisa memahami hal ini, coba gabungkan dengan operasi bilangan negatif. Apa yang akan terjadi kalau bilangan positif dan negatif dikalikan.
    Setelah mempelajari hal dasar di atas, perkuat pemahaman aritmetika Anda dengan operasi campuran yang berisi banyak operasi bilangan. Pahami mana saja operasi bilangan yang harus didahulukan dan mana yang harus dikerjakan terakhir. Kerjakan soal beberapa kali sehingga kecepatan Anda dalam menyelesaikan operasi bilangan terus meningkat.
  2. Menguasai Praaljabar

    Materi dasar Matematika sejatinya dipelajari di SD pada kelas 1-2. Selanjutnya materi yang harus dipelajari adalah Praaljabar. Anda akan mengenal operasi baru selain penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Pada materi ini operasi pangkat, operasi akar pangkat, materi pecahan biasa dan desimal, geometri, dan statistik akan dipelajari secara bertahap.
    Operasi pangkat dan akar pangkat akan sangat berguna untuk dasar perhitungan geometri. Anda akan mempelajari bilangan kuadrat, bilangan pangkat tiga, dan pangkat yang lebih tinggi. Pada materi ini, Anda bisa menghafalkan beberapa bilangan kuadrat dan pangkat tiga. Misal 82 = 64 dan 53 = 125. Untuk akar pangkat, Anda tinggal membaliknya saja. Misal ∛125 = 5.
    Materi pecahan mulai diperkenalkan dengan gambar. Anda akan mempelajari sebuah bangun yang dipotong menjadi beberapa bagian. Pada materi ini Anda harus mempelajari bagaimana menjumlahkan pecahan dengan pembilang sama atau berbeda. Selanjutnya, pecahan akan diarahkan ke bentuk desimal yang kemungkinan lebih rumit. Anda akan mempelajari bagaimana mengubah pecahan biasa ke desimal begitu pula sebaliknya.
    Geometri adalah materi yang menarik sekaligus menantang. Anda akan mulai dituntut untuk mengenali bentuk geometri 2D seperti persegi, persegi panjang, dan segitiga serta bentuk geometri 3D seperti kubus, balok, dan limas. Setelah memahami bentuknya, Anda akan mempelajari dan memahami rumus dan bagaimana cara menggunakannya. Pada bagian ini sempatkan mengulang soal beberapa kali agar tidak lupa rumus dan bingung kalau permasalahan dibuat menjadi soal cerita.
    Terakhir adalah statistik, pada bagian ini Anda akan mulai diajarkan bagaimana mengenali data dalam bentuk grafik, mengolah data, dan bagaimana mengambil kesimpulan. Dasar dari statistik adalah aritmetika. Kalau Anda sudah mempelajari aritmetika dengan benar maka statistik adalah perkara mudah.
    Praaljabar adalah materi-materi yang diajarkan pada sekolah dasar. Materi ini sangat penting untuk bisa mempelajari Matematika lebih lanjut. Menguasai materi Praaljabar akan memudahkan Anda belajar Matematika dengan tingkatan yang lebih tinggi.


Pages